Cegah Hepatitis Akut, Warga di Banyuwangi Diminta Tak Mandi di Kolam Renang Umum

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 13:04 WIB
Ilustrasi Hepatitis (pixabat(mohammed_hassan))
Ilustrasi Hepatitis (pixabat(mohammed_hassan))

BANYUWANGINETWORK.COM-
Sementara waktu, masyarakat di Kabupaten Banyuwangi diminta agar tidak berenang di kolam renang umum dan wahana playground. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit hepatitis akut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Amir Hidayat mengatakan, seluruh rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan di Banyuwangi telah disiagakan apabila ditemukan kasus hepatitis misterius tersebut.

"Untuk sementara, masyarakat juga dihimbau agar tidak berenang di kolam renang umum. Tidak bermain di playground, serta hindari menyentuh sarana pegangan tangan pada tangga dan sejenisnya, pintu, dinding, dan lain-lain yang sering dipegang orang," kata Amir, Kamis.

Baca Juga: Tim Dayung Indonesia Berhasil Persembahkan Medali Emas di Ajang Sea Games

Amir mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan etiologi atau penyebab utama penyebaran kasus hepatitis. Masyarakat juga diminta tetap menggunakan masker dan jaga kebersihan area sekitar mata, hidung, serta mulut.

Sesuai arahan Kemenkes, pihaknya telah meminta seluruh fasilitas kesehatan bersiap. Setiap ada indikasi yang mengarah pada kasus tersebut semua fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, Puskesmas, dan Labkesda harus lapor.

“Meskipun di Indonesia sudah ditemukan kasus ini, saya minta warga waspada namun jangan panik berlebihan. Tetap waspada, kenali gejalanya, dan segera hubungi faskes terdekat jika ada gejala yang mengarah ke sana,” paparnya.

Baca Juga: Kasus Hepatitis Akut Tercatat 18, Ini 7 Wilayah yang Harus Diwaspadai

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 440/6891/429.112/2022 Tentang Kewaspadaan Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang tidak Diketahui Etiologisnya di Kabupaten Banyuwangi.

Halaman:

Editor: Ulil A.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X