KEREN! Resah Akibat Selokan Kotor, Grup Pemuda Ini Rela Terjun Ke Sungai hingga Selokan Pilah Sampah Langsung

- Senin, 6 Februari 2023 | 10:30 WIB
Pandawara Group berhsil mengangkat 8,7 ton sampah dari sungai, selokan dan sejumlah tempat lainnya. (instagram.com/@pandawaragroup)
Pandawara Group berhsil mengangkat 8,7 ton sampah dari sungai, selokan dan sejumlah tempat lainnya. (instagram.com/@pandawaragroup)

BANYUWANGINETWORK.COM – Akhir-akhir ini fenomena lingkungan yang kotor mendapatkan respon dari pemuda-pemuda aktivis lingkungan.

pemuda-pemuda ini memiliki tujuan yang sama, yaitu agar lingkungan sekitar tetap bersih.

Keselarasan tujuan tersebut mendorong mereka untuk membuat suatu grup yang dinamakan sebagai Pandawara grup.

Pandawara grup adalah grup yang diisi oleh lima orang aktivis lingkungan yaitu Agung, Rifki, Rafly, Gilang dan Ihsan.

Arti dari grup tersebut adalah kata “panda” yang berarti lima dan wara yang mempunyai arti kabar baik dalam Bahasa sunda.

Pandawara ini semakin gigih tekadnya untuk menjadi pelopor dalam membersihkan lingkungan sebagai dampak rendahnya kesadaran masyarakat.

Baca Juga: INOVATIF! Pulau Ini Dibangun dari Tumpukan Abu Sampah, Kini Jadi Destinasi Wisata Berpanorama Indah Laut Lepas

Awalnya kita merasakan kebanjiran kak (di Bandung), tiap hujan sedikit air sungai langsung meluap dan menggenangi pemukiman kami hingga rumah dan benda yang ada di dalam rumah kami mengalami kerusakan,” ungkap Gilang dan Ikhsan, anggota Pandawara grup yang dikutip Banyuwanginetwork dari salah satu acara televisi tonight show premiere pada Senin (06/02/2023).

Aksi ini sudah berjalan kurang lebih satu tahun dan aktif digencarkan di social media selama enam bulan terakhir.

“Aksi Ini sudah kami lakukan 1 tahun, namun baru  kita gencar sosialisasi di media social 6 bulan terakhir. Tentu dengan tujuan kita membuat video dan mengupload ke social media ini untuk mempengaruhi orang-orang Indonesia. Betapa indahnya kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan,” lanjut Gilang.

Dalam waktu satu tahun tersebut, pandawara grup ini telah membersihkan puluhan selokan dan sungai yang ada di kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Baca Juga: UNIK! Urus Surat Ijin Mengemudi (SIM) Ini Cukup Bayar dengan Sampah, Begini Cara Registrasi dan Pembuatannya

Kesadaran pemuda dalam menjaga kebersihan tersebut ternyata tidak hanya datang dari Indonesia saja.

Puluhan tahun lalu di negeri dengan julukan Paman Sam atau Amerika Serikat juga melakukan aksi serupa.

Halaman:

Editor: Ahmad Ali

Sumber: Tonight Show

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X